Minggu, 03 Februari 2019

Manfaat Lari Jarak Jauh Bagi Kesehatan

Manfaat Lari Jarak Jauh Bagi Kesehatan

Hallo Sobat Sportuners, kali ini saya akan menjelaskan kepada anda mengenai cara berlari yang benar. Berlari sendiri mempunyai cara-cara yang benar melakukan lari, baik lari jarak pendek maupun lari jarak jauh.

sumber: https://storage.googleapis.com

Olahraga lari ada kategori lari jarak 5 km, 10 km, 21 km, dan 42 km. Maraton adalah salah satu tipe dari lari jarak jauh (42 km), dan jenis lari ini termasuk olahraga yang di bilang berat. Seorang atlet belum tentu lari jarak 5 km, 10 km, ataupun 21 km dapat melakukan maraton.

Untuk persiapan lari maraton berbeda dengan lari biasa. Selain harus latihan secara rutin, mereka juga harus menjaga pola makan. Harus dengan melakukan latihan rutin akan meningkatkan daya tahan tubuh (endurance) sehingga dapat menempuh jarak jauh.
Latihannya jika dilakukan dengan tepat, lari maraton dapat memberikan banyak manfaat untuk tubuh, seperti:

1. Membakar kalori seluruh tubuh

sumber: https://hellosehat.com

Olahraga lari maraton membuat tubuh jadi lebih aktif dan bisa membakar kalori yang ada di seluruh tubuh. Dengan demikian, lari maraton merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menurunkan berat badan.

2. Membentuk tubuh

sumber: https://hellosehat.com

Olahraga lari merupakan olahraga yang membuat hampir seluruh otot tubuh bekerja. Lari maraton ini dapat membentuk tubuh, terutama otot, menjadi lebih kencang sehingga tubuh terlihat lebih ramping. Anda coba perhatikan para atlet maraton, pasti tubuhnya terbentuk sempurna!

3. Sarana bersosialisasi

Lari memang dapat dilakukan sendirian. Tetapi, masih banyak juga kegiatan lari yang dilakukan bersama-sama dengan keluarga atau teman, contohnya Jakarta Marathon 2018. Jika anda mengikuti ajang lari, Anda bisa bertemu dengan teman-teman pencinta lari lainnya sehingga ini adalah kesempatan baik untuk bersosialisasi. Tahu, kan, kalau bersosialisasi dapat membuat orang panjang umur?

4. Meningkatkan suasana hati

sumber: https://static.breakingnews.co.id

Saat Anda berolahraga, tubuh akan mengeluarkan hormon endorfin. Hormon endorfin adalah hormon yang menyebabkan perasaan bahagia. Perhatikan jika setelah lari maraton usai, stres yang Anda rasakan pun bisa menguap, berganti dengan perasaan senang dan bahkan percaya diri.

5. Meningkatkan kemampuan tubuh

sumber: https://eventkampus.com

Jika ingin lari maraton dibutuhkan latihan yang rutin dan cukup berat. Untuk awal latihan dimulai dari jarak yang sedikit jauh seperti 5 km dan bertahap. Ini berarti Anda melatih tubuh untuk meningkatkan batas kemampuannya secara perlahan sampai mencapai jarak yang diinginkan.

6. Melatih jantung


Olahrag lari secara rutin akan memperkuat otot jantung sehingga peredaran darah – terutama darah bersih yang kaya akan oksigen – ke seluruh tubuh menjadi lancar. Sebaliknya, jika lari maraton dilakukan dengan sangat dipaksakan justru dapat berbahaya bagi kesehatan jantung. Jadi intinya, sebelum lari maraton sebaiknya persiapkan diri Anda dengan baik. Lakukan latihan secara rutin dan tes kesehatan sebelum melakukan lari maraton sangatlah penting.

Jadi manfaat lari jarak jauh seperti maraton? Akan tetapi, jika Anda memiliki gangguan kesehatan, sebaiknya tak usah memaksakan diri lari sejauh 42 km. Bila memungkinkan, Anda bisa berdiskusi dulu dengan dokter sebelum melakukannya. Terutama untuk anda yang sudah mempersiapkan diri dari jauh-jauh hari.

Demikian itulah beberapa Manfaat Lari Jarak Pendek Bagi Tubuh versi Sobat Sportuners. Terima kasih telah membaca artikel kami dan lihat artikel terbaru lain yang lebih menarik...Sampai Jumpa...!!!

0 komentar:

Posting Komentar